Tentang Nasikun


Halo semuanya. Perkenalkan saya Nasikun, mahasiswa tingkat akhir UGM yang sedang menunggu wisuda paska pendidikan selama 4.5 tahun di Teknologi Informasi, Fakultas Teknik UGM. Sekarang sedang mengikuti program KGSP di Korea Selatan; 1 tahun belajar bahasa di Keimyung University (tempat shooting Boys Before Flowers) dan program Master di Department of Computer Science and Engineering, Seoul National University (SNU).

Selain mencoba memperdalam kemampuan belajar bahasa Korea, tiga sampai empat kali per minggu saya mengikuti pelatihan Taekwondo yang diselenggarakan oleh kampus. Sekarang saya juga diberikan amanah oleh kawan-kawan muslim Indonesia di Korea Selatan untuk menjadi koordinator Komisi Media KMI (Komunitas Muslim Indonesia) Korea Selatan. Setiap pekan saya berusaha mampir ke mushola/masjid Indonesia yang ada di atau di sekitar Daegu.

Saya senang menulis, walau kadang prioritasnya masih kalah dengan kegiatan lain. Namun saya tetap berupaya menulis. Semoga dengan sedikit tulisan dan sharing saya, bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Silahkan meninggalkan komen/saran jika berkenan.

Saya lahir di desa Plajan, Jepara. Sekitar 3 jam dari Semarang. Dari SD-SMP saya bersekolah di Jepara, lalu pindah ke Semarang saat sekolah di SMA Semesta Semarang yang menyediakan asrama bagi siswanya. Selama di Semesta saya pernah ikut program pertukaran pelajar di Gaithersburgh High School (USA) yang diselenggarakan oleh AFS serta pernah juga juara kompetisi matematika se jawa tengah oleh IKIP PGRI.

Kemudian saya mendapatkan kesempatan melanjutkan ke UGM via jalur PBU-TM (jalur PMDK bagi yang kurang mampu) di jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Selama di UGM, saya aktif di berbagai kegiatan mahasiswa, mulai dari HIMA tingkat jurusan (KMTETI), BEM Fakultas, hingga BEM Universitas (BEMKM UGM). Saya juga berkesempatan mendapatkan beasiswa PPSDMS selama dua tahun dengan berbagai pelatihan kepemimpinan disana. Sempat exchange ke Korea setahun, ikut Student World Forum di Chula, Bangkok, Thailand dan meraih Best Paper Award di WCOMLIS 2011 di IIUM, Malaysia.

Saya tertarik pada bidang teknologi informasi (kecerdasan buatan, web technology, modeling and simulation, and data mining). Selain itu saya juga punya ketertarikan yang tinggi pada motivasi dan kepemimpinan (sering juga diminta mengisi diskusi di fakultas2, pernah di UNY, UIN SUKA, serta ITS). Senang berpetualang (baik secara fisik maupun spiritual/rohani) untuk selalu meningkatkan kompetensi dan kontribusi diri.

Sekarang aktivitas sedang mengurus web inspirasi UGM (htttp://inspirasi.ugm.ac.id) yang berisi kisah-kisah inspiratif mahasiswa dan alumni UGM. Dengan beberapa temen dari JTETI UGM juga sedang merintis usaha jasa pembuatan web, SIMPLEO IT Service (www.simpleo-it.com).

Jika hendak berkorespondensi lebih lanjut, silahkan kontak saya di: nasikun_jpr@yahoo.com

Salam hangat persahabatan dan perjuangan,
Nasikun

Advertisements