Nuzul Sri Hertanti, Aktivis Kesehatan yang Menjadi Mahasiswa Berprestasi UGM


Nuzul Sri Hertanti

Kuliah di Fakultas Kedokteran seringkali dikaitkan dengan padatnya aktivitas akademis sehingga sering menjadi alibi banyak mahasiswa untuk tidak aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan. Namun hal itu tidak berlaku bagi sosok Nuzul Sri Hertanti. Walau penuh dengan agenda akademis, mahasiswi program studi Ilmu Keperawatan UGM ini tetap aktif dalam banyak kegiatan co-dan ekstrakurikuler, tanpa harus menurunkan prestasi akademisnya, dibuktikan dengan IPK 3.93 yang ia raih di UGM.Sebagai kelanjutan dari edisi khusus mengenai para grandfinalis Mahasiswa Berprestasi (Mapres UGM) 2012, kali ini kita akan mengenal sosok Nuzul. Akan coba kita amati bersama apa saja yang telah ia lakukan selama kuliah sehingga mampu menjadi salah satu grandfinalis Mapres UGM, suatu prestasi yang sangat prestisius dan sangat susah diraih.
Sejak masuk ke dunia perkuliahan, mahasiswi yang gemar menyanyi dan mendengarkan musik ini telah aktif di banyak kegiatan kemahasiswaan. Selama 3 tahun terakhir, Nuzul aktif di Himpuan Mahasiswa Kesehatan (HIMIKA) FK UGM, mulai dari sebagai anggota hingga dipercaya sebagai pengurus harian dalam dua periode terakhir. Selain di jurusan, Nuzul juga aktif di tingkat universitas dengan bergabung ke dalam Unit Kesehatan Mahasiswa (Ukesma) UGM selama 3 tahun kepengurusan.

Untuk memperluas aktivitasnya di bidang kesehatan, Nuzul juga menjadi bagian dari Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI), mulai dari tingkat wilayah (Jogja) hingga tingkat nasional. Putri pasangan Bapak Supri Hertanto dan Ibu Sri Purwanti ini sekarang menjabat sebagai BPH JMKI nasional, setelah tahun sebelumnya berhasil dalam mengemban amanahnya sebagai BPH JMKI Wilayah Jogja. Tidak hanya aktif di kampus, Nuzul juga menjadi pengurus Remaja Masjid Jami’ di daerahnya selama 2 tahun terakhir.

Kongres JMKI

Kongres JMKI

Keaktivan remaja alumni SMP 1 Sleman dan SMA 1 Sleman di banyak organisasi tersebut membuatnya sering diberikan amanah untuk menjadi pengurus inti dalam kegiatan yang diselenggarakan lembaga. Saat Ukesma UGM mengadakan MRAN UKESMA UGM dan Pemulung Masal, mahasiswi kelahiran 27 Juli ini diamanahi menjadi pengurus harian pada dua kegiatan tersebut. Nuzul juga menjadi pengurus inti dalam selenggaraan Seminar Nasional Uji Kompetensi dan dalam Bakti Sosial KMFK UGM. Di JMKI pun Nuzul sering menjadi tokoh inti dalam berbagai acara. Sebagai contoh, Nuzul diamanahi sebagai BPH pada KSS JMKI 2011, dan sebagai ketua pada kegiatan yang sama tahun 2012. Dalam Musyawarah Wilayah JMKI 2011 (di regional Jogja), Nuzul pula lah yang menjadi ketua panitia.

Kongres ILMKI

Kongres ILMKI

Tidak hanya berkutat di kegiatan kemahasiswaan, Mahasiswi semester 6 ini juga rajin melakukan penelitian. Nuzul merupakan ketua dalam penelitian berjudul “Pengaruh Self-Selected Individual Music Therapy (SELIMUT) terhadap Tingkat Nyeri Pasien Kanker Paliatif” yang ia laksanakan di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta. Ia juga menjadi bagian penting dalam penelitian bertajuk “Gencarkan Pelatihan Kader Perawat Cilik (Percil) dengan Media Interaktif untuk Sigap P3K di Sekolah Dasar” yang telah Nuzul uji cobakan di berbagai SD di Jogja. Bersama dengan rekan-rekannya, usulan proposal PKM-M Nuzul juga didanai oleh DIKTI Kemendikbud.

Juara Debat

Walau sangat sibuk dengan seabrek aktivitas, Nuzul pun tidak lupa untuk tetap berkontribusi secara nyata ke masyarakat. Melalui organisasi yang ia tekuni, mahasiswi yang cakap dalam public speaking ini rajin memberikan pengabdian ke masyarakat. Nuzul juga pernah menyelenggarakan Pelatihan Perawat Cilik di berbagai SD di Piyungan serta Penyuluhan Kespro di Rumah Singgah Harafa. Atas mandat yang dia emaban sebagai Duta BKKBN dan sebagai pengurus JMKI, Nuzul pun sering memberikan penyuluhan Kespro di berbagai daerah di Jogja.

Atas dasar berbagai prestasi, aktivitas kegaitan dan berbagai penelitian di bidang kesehatan itu, tidaklah mengherankan jika Nuzul terpilih sebagai Duta Mahasiswa BKKBN Jogja serta Duta Mahasasiswa Genre oleh Ukesma UGM. Dalarm rangka HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Nuzul juga meraih juara 3 Lomba Debat Mahasiswa Keperawatan. Belum lagi ditambah dengan berbagai prestasi kejuaraan, seperti juara 1 Lomba Cerdas Tangkas yang diadakan oleh HIMIKA UGM dan menjadi salah satu pemenang dalam Essay Indonesia 100% yang diselenggarakan oleh BEM KM UGM.

Inilah profil singkat Nuzul Sri Hertanti, mahasiswi prodi Ilmu Keperawatan UGM, dengan segala aktivitasnya di dunia kesehatan Indonesia, mampu terpilih sebagai salah satu grandfinalis (6 besar) Mahasiswa Berprestasi UGM. Semoga kisah perjuangannya mampu menginspirasi kita semua agar menjadi insan yang lebih kompeten dan kontributif pada bidang kita masing-masing, sebagaimana Nuzul telah banyak berkontribusi pada dunia kesehatan.

Kisah Mahasiswa Berprestasi (Mapres) UGM Lainnya:

Advertisements