Herwandhani Putri, Mahasiswa Berprestasi UGM yang Aktif Meneliti


Herwandhani Putri

Herwandhani Putri

Setelah melalui proses seleksi panjang, sangat ketat dan melelahkan, akhirnya terpilihlah Herwandhani Putri (Wandha) sebagai peringkat 1 dalam Kompetisi Mahasiswa Berprestasi UGM. Suatu predikat yang sangat tinggi dan prestisius bagi mahasiswa UGM, laksana Grammy Awards untuk para musisi atau Oscar bagi para aktor.

Apa saja kah yang membuat Wandha, mahasiswa semester akhir Fakultas Farmasi UGM, bisa mengungguli para mahasiswa berprestasi lainnya dari 18 fakultas di UGM? Menilik ulang komponen penilaian Mapres, ada 4 item yang menjadi acuan penilaian, yakni: Karya Tulis (30%), Ekstra kurikuler (25%), Bahasa Inggris (25%), dan IPK (20%). Dari empat komponen tadi, ekstrakurikuler lah yang merupakan bagian paling penting, dan yang paling signifikan dalam seleksi Mapres. Bahkan untuk tahun 2012, terdapat 22 sub-bagian dengan masing-masing bisa diisi dengan 5 kegiatan, mulai dari kegiatan organisasi kemahasiswaan, penelitian, kejuaraan, wirausaha, hingga penelitian masyarakat.

Alumni SMP 5 Yogyakarta dan SMA 3 Yogyakarta ini mempunyai prestasi yang luar biasa dalam bidang penelitian. Kegemarannya meneliti terlihat dari banyaknya publikasi dan penelitian yang telah dilaksanakannya, mulai dari tingkat fakultas hingga tingkat internasional. “Ethanolic Extract of Moringa oleifera I. Increases Sensitivity of WiDr Colon Cancer Cell Line Towards 5-Fluorouracil”, “Formulation Of A Ciplukan (Physalis Angulata L.) Vaginal Cleaning Solution As Antibacterial”, dan “Ethanolic Extract of Peels of Kaffir Lime (Citrus hystrix D.C.) : Potential Immunomodulator For Cancer Chemotheraphy” merupakan beberapa karyanya yang telah dipublikasikan secara ilmiah di tingkat internasional.

PKM

Wandha (Jilbab Merah) saat meraih Emas pada PIMNAS XXIV di Makassar

Mahasiswi peserta SP2MP 2010 dariPPKB UGM ini juga rajin mengikuti PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang diselenggarakan oleh DIKTI. Pada tahun 2010 dia bisa menjadi bagian dari tim UGM dalam PIMNAS XXIII di Bali, lalu pada PIMNAS XXIV tahun lalu di Makassar dia menyabet medali emas untuk melengkapi prestasi UGM sebagai juara umum. Tahun ini pun dia baru saja selesai mengikut MONEV PKM awal bulan kemarin. Bersama dengan prestasi-prestasi penelitian lainnya, karya-karya putri dari pasangan Bapak Hariadi Heruwoto dan Ibu Sri Wariyanti tersebut juga membuatnya meraih penghargaan Pharmacy Award bidang penelitian pada tahun 2011 dan KMFA Award bidang penulisan pada awal 2011. Dalam rangka Dies Natalis UGM ke-62, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D. juga memberikan penghargaan sebagai peringkat 1 Mahasiswa Berprestasi UGM bidang Penelitian.

Herwandhani Putri (Jilbab Pink) saat menerima penghargaan sebagai Mapres Dies Natalis bidang Penelitian dari Rektor UGM

Selain aktif aktif meneliti, mahasiswi yang sedang mengikuti KKN tersebut juga aktif di organisasi. Selama 3 periode dia aktif di BEM KM Farmasi UGM, dari mulai jadi anggota hingga menjadi Bendahara Umum semasa kepengurusan Nurul H.A dan Dedek W.P. Dia juga aktif di organisasi ekstra kampus seperti Ikatan Pemuda Green House (IPGH) dan sempat menjadi bagian dari kelompok studi The Hidden Leaf Shinobies.

Mahasiswi yang gemar membaca ini juga sering menjadi panitia dalam berbagai event. Misalnya dalam Dies Natalies UGM ke-60, dia menjadi bagian dari Seminar Nasional Food Supplement, serta dalam International Workshop on Green Chemistry oleh I-MHERE.

Kompetensi yang sangat lengkap pada mahasiswi anggota CCRC (Cancer Chemoprevention Research Center) Fakultas Farmasi UGM ini membuatnya menjadi tokoh yang sering diundang mengisi dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan. Penggemar membaca ini diundang oleh FKIK UMY untuk memberikan materi tentang “Penulisan Gagasan Tertulis” pada tahun 2012, serta oleh EDSA UAD dalam “Penulisan Artikel Ilmiah dan Gagagasan Tertulis.”

Wanda (Baris depan, ketiga dari kanan) bersama pengurus harian BEM KM Farmasi UGM

Aktif mengembangkan diri, mahasiswi yang menjadi pembina KIR di SMA Budi Mulia Yogyakarta ini juga rajin berkontribusi secara langsung pada masyarakat. Ilmunya pada dunia perobatan dia gunakan untuk memberikan “Penyuluhan tentang Bahan Aditif pada Jajanan Anak” dan “Pembinaan Penggunaan Tanaman Obat Keluarga” di kawasan Wonocatur. Dia juga beberapa kali mengadakan donor darah untuk membantu PMI dalam menyumbang supply permintaan donor darah bagai banyak pasien. Wandha juga merupakan anggota Siaga Utama, Aktualisasi Mahasiswa Gadjah Mada untuk Masyarakat.

Sebagai bagian dari pemuda Indonesia, mari kita dukung terus Herwandhani Putri agar bisa semakin menjadi pribadi yang kompeten dan kontributif pada bangsa ini. Serta mari kita teladani bersama kerja kerasnya selama kuliah agar kita pun mampu menjadji insan yang lebih baik. Semoga Wandha bisa membawa nama besar almamaternya dalam seleksi Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional yang seleksinya dimulai pertengahan Juni nanti.

Kisah Mahasiswa Berprestasi (Mapres) UGM Lainnya:

Advertisements