Contoh Soal MI dari Tahun Lalu
Soal
1. Jelaskan maksud dari istilah misi, visi, strategi, dan taktik
2. Mengapa model pengambilan keputusan jenis GPM tidak disarankan untuk dipakai dalam sebuah badan usaha?
3. Jelaskan dan beri contoh yang dimaksud dengan share holders dan stakeholder
4. Dalam sistem org terkini dikenal jargon less layers more spans. Jelaskan ? dan untung ruginya bagi sebuah org mengikuti jargon tsb
5. Jelaskan secara singkat BOS (Blue Ocean Strategy)??? dan peluangnya utk diadopsi oleh perusahaan di Indonesia?
6. Jelaskan dan beri contoh (i) Quality Control dan (ii) Quality Assurance
7. Jelaskansecara rignkas dan beri contoh ( i) prinsip pareto (ii) the 12/1 rule for satisfaction dan (iii) the 85/15 rule for source of the problem
8. Dick Hoove : pemilik toko Alat Tulis Maju bermaksud mengurangi biaya administrasi akibat order2 kecil. Oleh karenanya dia akan memberikan diskon khusus bagi pembelian di atas $40 sehingga pelanggan akan membeli dalam jumlah besar. Data pembelian dari sample 28 pelanggan adalah
10 15 20 25 15 17 11 50 5 9
12 14 35 18 19 17 28 29 11 11
43 54 7 8 16 13 37 18
a) hitung mean, variance, dan standard deviation dari sample?
b) jika kebijakan Dick Hoover sukses, apakah nilai mean akan naik, turun, atau stabil? jelaskan alasannya!
b) jika kebijakan Dick Hoover sukses, apakah nilai Standard Deviation akan naik, turun, atau stabil? jelaskan alasannya!
c) berdasarkan data di atas, ramalkan pembelian pelanggan ke 29.
9. Sebutkan empat fungsi dasar manajemen dan jelaskan secara ringkas maksudnya!
10. sebutkan tugas utama perencanaan strategis dan jelaskan secara ringkas maksudnya!
11. Sebutkan 8 langkah proses pengambilan keputusan
12. jelaskan secara ringkas kelebihan dan kekurangan model2 pengambilan keputusan RAM, OBM, dan GPM
13. Sebutkan dan Jelaskan secara ringkas tiga kunci sukses manajemen sumber daya daya manusia dalam sebuah organisasi!
Beberapa Jawaban
1.a) visi : pandangan umum dari cita2 yg ingin diwujudkan oleh organisasi/perusahaan
b) misi : pernyataan tentang apa yg harus dikerjakan oleh lembaga dalam mewujudkan visi
c) strategi : >> pendekatan secara keseluruhan yg berkaitan dgn pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktifitas dalam waktu
>> suatu ide perencanaan /pengaturan tindakan guna mencapai sasaran / tujuan
2. GPM : mementingkan golongan –> sehingga tidak ada solusi utk masalah yang terkontaminasi kepentingan golongan
Melihat decision making sebagai ‘output ‘ dari beberapa power centers ,yang independen dan saling bersaing (politica)
Masing-masing mempunyai Agenda, dan
terlibat dalam suatu ’bargaining games’, dengan format ‘broad Value and shared interest
Note: Tetap memegang tatanan, nilai dan kode etik
Hasil keputusan akhir tidak selalu mencerminkan solusi atas masalah aslinya
3. shareholders : individual or company that legally owns one or more shares of stock in a joint stick company
> kepemilikan perusahaan
stakeholders : a person, group, or organization or system who affects or can be affected by an organization’s actions
> kepentingan perusahaan, pihak2 yang terkait dengan visi, misi, dan strategi perusahaan
6. Quality Control : segala kegiatan perencanaan dan untuk menentukan persyaratan kualitas
contoh : untuk mengewasi kualitas sebuah produk dibuatlah suatu standar kualitas, dimana suatu produk mencapat tingkat kualitas tertentu apabila sudah mencapai standar yang ditetapkan. Dimana pada standar tersebut terdapat berbagai persyaratan yang sudah ditetapkan.
Quality Assurance : kegiatan perencanaan dan strategis yg diimplementasikan dalam sistem kualitas, yang ditunjukkan untk memperoleh tingkat kepercayaan tertentu (acknowledge barang/jasa yang dihasilkan)
Kalau ada jawaban utk pertanyaan yg lain, tolong di-komenkan ya gan… Nuwun….
best regards,
~Nasikun
sundul…gan
no.5
blue ocean strategy adalah strategi untuk dapat menciptakan ruang pasar baru yang belum terjelajahi (belum ada pesainganya) dengan memperluas batasan-batasan industri yang sudah ada sehingga kompetisi tidak relevan lagi karena aturan permainannya baru diciptakan.
Sebaliknya,red ocean strategy, yaitu stragegi untuk saling mengalahkan demi mendapatkan pangsa pasar dalam ruang pasar yang telah terdefinisi dan diterima dengan aturan-aturan persaingan yang sudah diketahui.
sip…sip…
thanks gan…
no. 4
(ni jawaban ane MID kmaren gan.. hehe)
less layer more spans..
lebih baik membangun suatu susunan organisasi secara horizontal dari pada memperbanyak lapisan2 jabatan kebawah..
keuntungannya :
>> dengan mengurangi jumlah struktur secara vertikal, diharapkan komunikasi dari ketua ke bawah lebih jelas dan tepat (karena semakin kebawah pasti informasi semakin byk yg hilang)
kerugiannya :
>> ketua jadi kurang bisa mengenal semua anggotanya, karena banyak yang langsung berada dibawah ketua..
mohon koreksi kalo ada gan..
sip….thanks bro…
tengkyu jawabannya mbah nasikun…
mbah itu soal no 8c kayak mana jawabnya mbah?
terima kasih sudah berkunjung Ni.. maap telat responnya nih..
tak apa mbah nasikun…
ehehehe…
oia, aku nge-blogroll blog mu yang korea…
malah lali yang iini engga…;p
matur nuwun mas….coba googling…and the result is….????
makasih mas nasikun berguna sekali 🙂
sama2
Mungkin biar jawabannya lebih sederhana:
Strategi adalah mengerjakan sesuatu yang benar ( doing the right things ). Taktik adalah mengerjakan sesuatu dengan benar ( doing the thing right )
Quality Assurance is process oriented and focuses on defect prevention, while quality control is product oriented and focuses on defect identification.