Pelestarian Kebudayaan Bangsa


Ketika budaya bangsa telah terkikis oleh kebudayaan – kebudayaan barat yang masuk dan menginfiltrasi pemikiran generasi muda, serta dalam waktu yang bersamaan kita semakin meninggalkan kebudayaan asli kita yang kita anggap kuno. Maka diperlukan suatu langkah kongkrit untuk mengembalikan kecintaan akan budaya nasional dibandingkan dengan glamoritas western culture.

Dulu, kesenian seperti wayang di Jawa, Reog di jawa timur, ondel – ondel di Jakarta serta yang lainnya marak menjadi hiburan masyarakat. Ketika ada pernikahan atau khitanan, masyarakat dengan gembira ria mendatangkan para seniman – seniman tersebut untuk menghibur diri mereka. Karenanya, hampir tiap malam pasti ada pertunjukan seni di daerah – daerah tersebut.

Sekarang? para pemuda lebih sering main ke klub – klub malam ketika malam minggu, lebih senang mendengarkan lagu Mariah Carey dibandingkan dengan mendengarkan lagu asli daerah mereka. Suatu tanda jelas pergeseran kebudayaan dan ancaman serius bagi kelestarian budaya bangsa ini.

So,
mari kita mulai langkah besar kecintaan pada budaya bangsa serta pelestariannya dengan beberapa langkah kecil. Kita bisa mulai dengan lebih sering mendengarkan lagu – lagu tradisional, coba sering mempraktekkan bahasa lokal kita, bisa menari? silahkan menari tarian daerah, suka makan? lebih baik makan makanan daerah asal daripada makan pizza atau burger. Yah, hal – hal yang nampak sepele seperti itu bakal bisa mengantarkan kita pada pelestarian budaya ini jika dilakukan secara massive oleh banyak orang. Mari awali dengan diri sendiri, lalu kita bisa mengajak kawan – kawan kita.

Semangat Kawan…

Advertisements